Arsip Blog

Kamis, 21 Februari 2013

Kekeliruan Seputar Shalat Tarawih



http://507-jogja.blogspot.com/

   Setelah ana jelaskan tuntunan shalat tarawih, sekarang ana mau bagi ilmu seputar kekeliruan shalat tarawih yang sering dilakukan pada umumnya.

   Berikut beberapa kekeliruan saat pelaksanaan shalat tarawih berjama’ah dan tidak ada dasarnya dari Nabi shalallahu’alaihi wa sallam .

1.       Dzikir berjama’ah di antara sela-sela shalat tarawih. Syaik ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz berkata, “Tidak diperbolehkan jama’ah membaca dzikir berjama’ah. Akan tetapi yang tepat adalah jama’ah berdzikir sendiri-sendiri tanpa dikomandoi seseorang. Karena ini termasuk perbuatan yang tidak ada tuntunannya dalam syari’at Islam yang suci ini”. (Majmu’ Fatawa Ibni Baz,  11:190).

2.       Melafadzkan Niat selepas shalat tarawih. Imam Nawawi berkata, “Tidaklah sah puasa seseorang kecuali dengan niat. Letak niat dalam HATI, tidak disyaratkan untuk diucapkan dan pendapat ini tidak ada perselisihan di antara para ulama.” (Rowdhotuth Tholibin, 1:268)

3.       Memanggil jama’ah dengan ‘ash sholaatul jaami’ah. Tidak ada tuntunan untuk memanggil jama’ah dengan ucapan ‘ash sholaatul jaami’ah’. Ini adalah perkara BID’AH (yang diada-adakan) (Lihat Al Mawsu’ah Al Fiqqhiyah, 27:140).

4.       Mengkhususkan dzikir atau do’a tertentu antara sela-sela duduk shalat tarawih, apalagi dibaca secara berjama’ah. Ini tidak ada tuntunannya sama sekali. (Lihat Al Mawsu’ah Al Fiqqhiyah, 27:144).
   Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk yang benar. Wallahu waliyyut taufiq
[Muhammad Abduh Tuasikal]

Sumber : Buletin At Tauhid

Facebook Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar