Arsip Blog

Rabu, 20 Februari 2013

3 Hal Baik Pergaulan Antar Muslim

http://507-jogja.blogspot.com/
   Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda: “Seorang mukmin yang berbaur dengan masyarakat dan bersabar terhadap gangguan dari mereka, itu lebih besar pahalanya daripada mukmin yang tidak berbaur dengan masyarakat dan tidak bersabar terhadap gangguan mereka” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad 383, Ahmad 22497, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’ 6651)

   Banyak sekali akhlak mulia yang sudah diajarkan Islam, namun ada yang paling mudah dan sederhana yang bisa kita praktekkan sehari-hari. Yaitu 3S (Senyum, Salaman, Salam).

1.     Perbanyak Senyum

   Senyum itu sedekah, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan gharib”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib.)

   Senyumlah kalian saat bertemu dengan teman, ataupun orang lain. Karena dengan senyum akan mencairkan hati kepada lawan bicara dan memberi respon positif.

2.     Bersalaman Saat Bertemu

   Bersalaman dengan teman atau saudara yang seiman dapat menggugurkan dosa selama mereka belum berpisah, meskipun kita baru kenal dengan orang tersebut. Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda: Tidaklah dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah(HR. Abu Dawud no. 5.212 dan at-Tirmidzi no. 2.727, dishahihkan oleh al-Albani)

   Dalam hadits lain, dikatakan bahwa dosa-dosa orang yang bersalaman itu berguguran sebagaimana gugurnya daun. Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda: Jika seorang mukmin bertemu dengan mukmin yang lain, ia memberi salam padanya, lalu meraih tangannya untuk bersalaman, maka berguguranlah dosa-dosanya sebagaimana gugurnya daun dari pohon (HR. Ath Thabrani dalam Al Ausath, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/59)

   Salah besar bila kita hanya berjabat tangan dengan orang yang kita kenal dan akrab saja. Karena hadits - hadits di atas menyebutkan keutamaan bersalaman antar sesama muslim secara umum, baik yang dikenal maupun baru kenal atau tidak kenal sebelumnya. Dan juga salah bila kita menunggu disodori tangan dahulu.

   Dan menjadi catatan penting adalah tidak diperkenankan bersalaman dengan wanita yang bukan mahram anda. Karena Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda: Andai kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan jarum besi, itu masih lebih baik daripada ia menyentuh wanita yang tidak halal baginya”. (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 4544, dishahihkan oleh Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 226)

   Kepada wanita  yang bukan mahram, kita tetap bisa beramah-tamah dengan sekedar anggukan, senyuman atau isyarat lain yang bisa menggantikan fungsi jabat tangan menurut adat setempat.

3.     Menebarkan Salam

      Ini disebut Tahiyyatul islam. Yang dimaksud adalah Ucapan salam ”Assalamu’alaikum”, dan lebih baik lagi ”Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh”. Ini adalah sapaan yang paling baik daripada yang lainnya.

Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda:
Tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak dikatakan beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang jika dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Sebarkan salam diantara kalian(HR. Muslim, no.54)


   Keutamaan menebarkan salam ini juga dapat membuat kita masuk surga. Nabi shallallahu‘alaihi wasallam bersabda: Sembahlah Ar Rahman semata, berikanlah makan (kepada yang membutuhkan), tebarkanlah salam, maka engkau akan masuk surga dengan selamat (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad 981, Ibnu Majah 3694, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah, 2/115)

   Ucapan salam ini adalah doa. Kita mengucapkan salam pada seseorang, berarti kita mendoakan keselamatan baginya. Dan akan dibalas Malaikat bagi yang mengucapkan salam walaupun tidak dijawab salamnya.

Ucapan salammu kepada orang-orang jika bertemu, jika mereka membalasnya, maka Malaikat pun membalas salam untukmu dan untuk mereka. Namun jika mereka tidak membalasnya, maka Malaikat akan membalas salam untukmu, lalu diam atau malah melaknat mereka (HR. Al Marwazi dalam Ta’zhim Qadris Shalah, 359. Dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah)

   Jangan lupa juga untuk mengucapkan salam ketika masuk ke sebuah rumah, karena Allah Ta’ala akan menimbulkan keberkahan dan kebaikan. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya) : Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi merupakan kebaikan(QS. An Nur: 61)

   Mari kita sebagai seorang Muslim, biasakan 3S yang diajarkan Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam. Semoga kita selalu diberi petunjuk oleh Allah. Amiiiin.

 Sumber : Muslim.Or.Id

Facebook Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar